«

»

Tips membeli ban mobil yang tepat

Tips membeli ban mobil yang tepat

tips membeli banBan merupakan komponen mobil yang memiliki peran penting dan mendukung kinerja mobil. Peran yang dilakukan ban menjadi vital, terutama untuk mobil-mobil yang menempuh jarak yang panjang. Permasalahan pada ban bukan hanya menyebabkan mobil tidak dapat dikendarai, namun juga dapat menyebabkan kecelakaan.
Bagi anda pemilik mobil baru, tidaklah akan dipusingkan dengan permasalahan ban mengingat kondisi ban masih baru, yang dapat digunakan secara langsung tanpa proses cek dan ricek, mengingat semua komponen sudah melewati quality control oleh pabrikan. Namun pada kendaraaan bekas, permasalahan ban ini harus diperhatikan dengan seksama, terutama saat mengganti ban yang sudah aus.

Beragam spesifikasi ban yang beredar di pasaran terkadang membingungkan konsumen dalam menentukan pilihannya. Panduan umum dan mudah yang digunakan dalam membeli ban ialah dengan menyesuaikan dengan bawaan pabrik, jika tidak, ada baiknya anda memperhatikan hal berikut dalam membeli ban untuk mobil kesayangan anda :

1. Kebutuhan dan penggunaan mobil,

Tentukan kebutuhan penggunaan mobil. Apalah mobil digunakan untuk kegiatan sehari-hari , atau mobil digunakan untuk kompetisi.

2. Type dan ukuran ban

Ban standar manufaktur akan menghasilkan kinerja yang optimal karena telah mempertimbangkan semua aspek. Untuk mengetahuinya, anda dapat cek dalam buku manual mobil anda. Contoh : 195/55/R15. 195 menunjukkan lebar ban, 55 menunjukkan aspek rasio ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban, R15 menunjukkan diameter velg dalam satuan inchi.

3. Batik / PolaTapak Ban

Design batik atau pola tapak ban memberi pengaruh kepada daya cengkram ban pada aspal jalan. Design yang normal akan memberikan kenyamanan dalam mengemudikan mobil sehari-hari. Type alur V memiliki kemampuan cengkraman yang baik dan juga mampu mereduksi suara dari putaran ban, memberikan pengendalian yang baik pada saat jalan basah dan berbelok.

4. Kode batas kecepatan ban

Perhatikan kode ini dalam membeli ban. Terutama untuk penggunaan kendaraan kecepatan tinggi. Kode ini berupa huruf seperti V,Q,R,S,T. kode V pada ban menunjukkan ban dapat bertahan sampai pada kecepatan 240 KPH. Tanyakan pada penjual ban mengenai batas kecepatan maksimal untuk ban yang anda beli.
Setelah ban terbeli dan terpasang, hendaknya angin ban diisi sesuai dengan tekanan yang dianjurkan manufaktur.
Uraian di atas adalah sedikit tips dalam membeli ban untuk mobil kesayangan anda. Silahkan share dan bagikan artikel ini kepada teman-teman anda. Salam hangat.
Indahnya berbagi …

 

Be Sociable, Share!